KISI-KISI UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SMA/MA (PROGRAM BAHASA)
NO | KOMPETENSI | INDIKATOR | |
| | | |
1. | Membaca | Menentukan isi/fakta/opini/arti kata/kalimat, | |
| Memahami secara kritis berbagai jenis | rangkuman suatu bacaan/teks. | |
| wacana tulis/teks nonsastra dan | Menentukan kalimat utama/ide pokok/ kalimat | |
| nonteks (berbentuk grafik/tabel) | penjelas. | |
| artikel, tajuk rencana, laporan, karya | Menentukan isi dan simpulan grafik/tabel. | |
| ilmiah, teks esai, biografi, pidato, dan | Menentukan persamaan topik/perbedaan aspek | |
| berbagai jenis paragraf (naratif, | pembahasan dari dua artikel. | |
| deskriptif, argumentatif, eksposisi, | Menentukan isi/keteladanan/keistimewaan dalam teks | |
| dan persuasif). | biografi tokoh. | |
| | Menentukan masalah/tujuan penulis/opini | |
| | penulis/keberpihakan dalam teks editorial. | |
| | Menentukan kalimat simpulan paragraf | |
| | deduktif/induktif. | |
2. | Menulis | Melengkapi berbagai jenis paragraf | |
| Mengungkapkan gagasan, pendapat, | (deskripsi/eksposisi/argumentasi/ | |
| perasaan, informasi dalam bentuk teks | persuasi/silogisme/analogi/generalisasi) dengan | |
| naratif, deskriptif, eksposisi, | kalimat yang tepat. | |
| argumentatif, persuasif, teks pidato, | Melengkapi teks dialog. | |
| artikel, proposal, surat dinas, surat | Menyusun paragraf padu | |
| dagang, surat lamaran pekerjaan, | Menulis dan memperbaiki kalimat dalam surat | |
| rangkuman, ringkasan, notulen, | lamaran pekerjaan. | |
| laporan, dan karya ilmiah dengan | Melengkapi teks pidato dengan kalimat persuasif. | |
| mempertimbangkan kesesuaian isi | Menulis karya ilmiah (latar belakang/rumusan tujuan | |
| | | |
| dengan konteks, kepaduan, ketepatan | penulis/rumusan masalah) | |
| | | |
| struktur, ejaan, pilihan kata, dan | | |
| menyunting berbagai jenis wacana | | |
| tulis. | | |
3. | Kebahasaan | Mengidentifikasi jenis-jenis frasa. | |
| Menerapkan berbagai komponen | Mengidentifikasi jenis-jenis klausa. | |
| kebahasaan dalam berbagai bentuk | Mengidentifikasi jenis-jenis kalimat. | |
| tulisan. | Menentukan pola kalimat. | |
| | Menggunakan kata berimbuhan. | |
| | Mengidentifikasi berbagai jenis makna kata | |
| | (konotasi/denotasi, luas, umum, khusus, gramatikal). | |
| | Mengidentifikasi berbagai kata yang mengalami | |
| | perubahan/pergeseran makna (homonim/homofon/ | |
| | homograf/polisemi/sinestesia/peyorasi/ameliorasi/kata | |
| | hias). | |
| | Menggunakan kata baku. | |
| | Menggunakan ragam bahasa resmi. | |
| | Menyusun paragraf padu (kohesi dan koherensi) | |
Kisi-kisi UN Nas yang lain, KLIK DISINI
No comments:
Post a Comment
Berikan Komentar Anda untuk membangun Blog ini ke arah lebih baik.