BAHASA INDONESIA SMA/MA (PROGRAM IPA/IPS)
NO | KOMPETENSI | INDIKATOR | |
| | | |
1. | Membaca | Menentukan unsur-unsur paragraf, ide pokok, kalimat | |
| Memahami isi dan bagian-bagian | utama, kalimat penjelas. | |
| paragraf suatu artikel teks nonsastra, | Menentukan isi paragraf: fakta, opini, | |
| tajuk rencana, laporan, karya ilmiah, | pernyataan/jawaban pertanyaan sesuai isi, tujuan | |
| teks pidato, biografi tokoh, serta | penulis, arti kata/istilah, isi biografi. | |
| berbagai bentuk dan jenis paragraf | Menentukan opini penulis dan pihak yang dituju | |
| nonteks; memahami teks sastra | dalam tajuk rencana/editorial. | |
| berbentuk puisi lama, puisi baru, | Menentukan isi dan simpulan grafik, diagram atau | |
| hikayat/sastra Melayu klasik, cerpen, | tabel. | |
| novel, dan drama. | Menentukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik | |
| | sastra Melayu klasik/hikayat. | |
| | Menentukan unsur-unsur intrinsik/ekstrinsik | |
| | novel/cerpen/drama. | |
| | Menentukan unsur-unsur intrinsik puisi. | |
| | Menentukan isi puisi lama, pantun, gurindam. | |
2. | Menulis | Menulis paragraf padu. | |
| Mengungkapkan pikiran, gagasan, | Melengkapi berbagai bentuk dan jenis paragraf | |
| pendapat, perasaan, dan informasi | dengan kalimat yang padu. | |
| dalam berbagai jenis dan bentuk | Melengkapi teks pidato. | |
| paragraf, teks pidato, surat resmi, dan | Melengkapi paragraf dengan kata baku, kata serapan, | |
| karya ilmiah dengan | kata berimbuhan, kata ulang, ungkapan, peribahasa. | |
| mempertimbangkan kesesuaian isi | Menyunting penggunaan kalimat/frasa/ kata | |
| dengan konteks, kepadanan, | penghubung/istilah dalam paragraf. | |
| kepaduan, ketepatan kalimat, | Menulis surat resmi. | |
| | | |
| penggunaan bahasa, diksi, struktur | Menyunting kalimat dalam surat resmi. | |
| | | |
| kalimat, dan ejaan; mengungkapkan | Menulis judul sesuai EYD. | |
| pikiran dan gagasan dalam bentuk | | |
| Menulis karya ilmiah (latar belakang dan rumusan | | |
| puisi, cerpen, novel, drama, kritik, | | |
| masalah). | | |
| esai, dan resensi. | | |
| Melengkapi larik puisi lama/baru (dengan kata | | |
| | | |
| | kias/berlambang/berima/bermajas). | |
| | Melengkapi dialog drama. | |
| | Menentukan kalimat resensi. | |
| | Menentukan kalimat kritik. | |
| | Menentukan kalimat esai. | |
No comments:
Post a Comment
Berikan Komentar Anda untuk membangun Blog ini ke arah lebih baik.