SASTRA INDONESIA SMA/MA (PROGRAM BAHASA)
| NO | KOMPETENSI | INDIKATOR |
| | | |
| 1. | Membaca | |
| | Memahami pikiran, perasaan, dan | Mengidentifikasi unsur intrinsik |
| | informasi dalam kegiatan membaca | cerpen/novel/hikayat (watak tokoh/ pendeskripsian |
| | cerpen, novel, drama, hikayat, dan | watak tokoh / kalimat pembuktian/ isi). |
| | puisi. | Menginterpretasi unsur ekstrinsik cerpen/hikayat |
| | | (nilai moral/budaya/ agama/sosial). |
| | | Menganalisis unsur intrinsik cerpen/drama |
| | | (penokohan/sudut pandang/isi bacaan/konflik). |
| | | Mengidentifikasi karakteristik hikayat. |
| | | Mengidentifikasi unsur intrinsik/ekstrinsik |
| | | puisi/nyanyian (maksud/isi/amanat/makna lambang/ |
| | | rima/majas/konotasi/nilai). |
| 2. | Menulis | |
| | Mengungkapkan pengalaman, pikiran, | Menulis kata/kalimat dalam aksara Arab Melayu ke |
| | perasaan, dan informasi dalam puisi, | dalam aksara latin atau sebaliknya. |
| | cerpen, drama, hikayat; menulis esai | Melengkapi larik/bait puisi/pantun dengan |
| | dan kritik sastra, menulis aksara Arab | memperhatikan majas/diksi/rima. |
| | Melayu, resensi. | Menuliskan maksud/isi puisi. |
| | | |
| | | Melengkapi kutipan cerpen dengan kalimat yang |
| | | sesuai (pelaku/peristiwa/ latar). |
| | | Memperbaiki kalimat yang tidak padu dalam cerpen. |
| | | Menyusun paragraf karya sastra sesuai urutan |
| | | peristiwa. |
| | | Melengkapi dialog drama yang menggambarkan |
| | | sifat/latar. |
| | | Menentukan kalimat kritik dan esai sastra. |
| | | Mengubah teks cerpen/novel/drama/hikayat menjadi |
| | | teks lain. |
| 3. | Kesastraan | |
| | Mengapresiasi komponen-komponen | Menentukan komponen kesastraan teks puisi |
| | kesastraan dalam penelaahan berbagai | (tema/amanat/makna/nilai-nilai/isi/majas/jenis). |
| | karya sastra. | Menentukan peribahasa dan ungkapan dalam kutipan |
| | | novel/drama. |
| | | Menentukan komponen kesastraan teks naratif |
| | | (tahapan alur/konflik/amanat, permasalahan). |
| | | Menentukan komponen kesastraan teks drama |
| | | (tema/petunjuk/gaya bahasa) |

No comments:
Post a Comment
Berikan Komentar Anda untuk membangun Blog ini ke arah lebih baik.