Facebook in blogger Portal Pendidikan Indonesia: Perangkat Pembelajaran Agama Hindu

Sunday 29 December 2013

Perangkat Pembelajaran Agama Hindu


RPP Pendidikan Agama Hindu


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Hindu
Kelas                           : X
Semester                     : II
Pertemuan                 : 7

Standar Kompetensi : (Susila) Memahami Sifat-sifat Triguna dan Dasamala
Kompetensi Dasar     : Mengurainan pengertian Triguna dan Dasa Mala, menjelaskan bagian-bagian Triguna dan Dasamala, mengidentifikasi pengaruh Triguna dan Dasamala terhadap kepribadian manusia.


Alokasi Waktu           : 8 X 45 menit
Indikator                    : a.   Menyebutkan pengertian dan bagian-bagian Triguna dan Dasa Mala.
b.      Menguraikan makna Triguna dan Dasa Mala Membedakan bagian-bagian Triguna dan Dasamala.
c.       Memberi contoh bagian-bagian Triguna dan Dasamala.
d.      Menyebutkan tanda-tanda pengaruh Triguna dan Dasamala.
e.       Memberi alasan tentang pengaruh Triguna dan Dasamala terhadap kepribadian manusia

Materi Pokok             : a.   Pengertian dan makna Triguna.
                                       b.   Pengertian dan makna Dasamala
                                       c.   Perbedaan bagian-bagian Triguna.
                                       d.   Perbedaan bagian-bagian dasamala
                                       e.   Pengaruh Triguna dan Dasamala terhadap kepribadian manusia.

Pendekatan                : -     Dilihat dari proses (Siswa Aktip)
                                       -     Dilihat dari materi (Contextual Teaching and learning(CTL)
Strategi                       : -     Pembelajaran dengan pemberian materi
                                       -     Pembelajaran dengan kerjasama kelompok
Metode                       : -     Ceramah
                                       -     Diskusi


Langkah-langkah :
A.    Kegiatan Awal (10’)
  1. Siswa diajak berdoa Trisandhya
  2. Guru menginformasikan kompetensi dasar, indicator dan deskripsi metode belajar yang akan diterapkan.
  3. Siswa menanggapi permasalahan atau wacana yang telah disiapkan guru, sehubungan dengan materi yang akan dipejari
  4. Prites untuk penjajagan

B.     Kegiatan Inti (60’)
1.      Guru menguraikan materi pelajaran
2.      Guru memberi pengarahan/penguatan/arahan

C.    Penutup (20’)
1.      Siswa diajak untuk menyimpulkan hasil belajar (sesuai indicator) ± 5’
2.      Refleksi dikaitkan dilapangan ± 3’
3.      Posttest ± 10’
4.      Tugas ± 2’
Sumber dan Media Belajar
  1. Sumber Belajar : (segala sumber yang dapat digunakan siswa agar terjadi perilaku belajar seperti: pesan, orang, bahan, alat, teknik/prosedur, dan latar)
Buku :
-    Ida Bagus Sudirga, dkk (2004), Widya Dharma Agama Hindu, pelajaran Agama Hindu, Penerbit: Ganeca Exact, Jakarta
-    Ida Bagus Sudirga, dkk (2007), Widya Dharma Agama Hindu, Pelajaran Agama Hindu, Penerbit: Ganeca Exact, Jakarta
-    Tim Penyusun (2007) Widya Upadesa Buku Pendidikan Agama Hindu Kelas X, Penerbit: Paramita, Surabaya
-     G. Pudja (1999) Bhagawadgita, Penerbit: Paramita, Surabaya
-    I Nyoman Kanjeng, dkk (1999) Saracamuscaya, Penerbit: Paramita, Surabaya
-    G. Pudja Tjokorda Rai Sudarta (2002)  Manawa Dharmasastra, Penerbit: CV. Felita Nursatama Lestari, Jakarta.
  1. Media Belajar : segala sesuatu yang direncanakan dan digunakan untuk mengirim pesan kepada penerima secara efektif sehingga memiliki daya retensi tinggi

Penilaian:
a.       Tes lisan
b.      Tes tertulis
c.       Tugas




Kepala SMA Negeri 1 Seputih Mataram




Hj. Nurlina, S. Pd., M. M. Pd
NIP. 19640414 199002 2 002

Seputih Mataram, 12 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran




I Ketut Darma Wijaksana, S. Ag
NIP. 19840711 200902 1 004























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Hindu
Kelas                           : X
Semester                     : II
Pertemuan                 : 8

Standar Kompetensi    :     (Susila) Memahami Sifat-sifat Triguna dan Dasamala
Kompetensi Dasar        :     Menunjukkan contoh-contoh prilaku yang dipengaruhi Triguna dan Dasamala dan melakukan upaya-upaya untuk menghindari pengaruh Dasamala.

Alokasi Waktu              :     2 X 45 menit
Indikator                       :     a.    Menggolongkan prilaku yang dipengaruhi Triguna dan Dasamala.
                                             b.   Menyajikan daftar/bagan prilaku yang dipengaruhi Triguna dan Dasamala

No comments:

Post a Comment

Berikan Komentar Anda untuk membangun Blog ini ke arah lebih baik.