Bank Soal Kelas XII Kurikulum KTSP
1. Bersatunya Atman dan Brahman maka tercapailah keadaan Sat Cit Ananda, yang berarti…. A. Kebebasan B. Kesejahteraan C. Kebahagiaan yang Abadi D. Kesucian Lahir Bhatin E. Tujuan akhir hidup 2. Moksanam sariram sadhanam, dalam Brahma Purana (228.45) menguraikan bahwa yang menjadi alat untuk mencapai Moksa adalah… A. Karma Phala B. Subha Karma C. Kesucian D. Tubuh E. Pikiran 3. Moksa yang diperoleh pada saat hidup di dunia ini, dimana kedudukan Atman merupakan pancaran kemahakuasaan Brahman merupakan tingkatan Moksa…. A. Samipya B. Sarupya C. Salokya D. Sayujya E. Purnamukti 4. Sesorang yang menjalankan bhakti marga yoga sering juga disebut dengan sebutan…. A. Bhakta B. Jnanin C. Yogin D. Yajana E. Karmin 5. Seseorang yang melaksanakan pekerjaan dengan motif tidak terlalu mementingkan pamerihnya, merupakan aplikasi dari ajaran…. A. Bhakti Marga Yoga B. Karma Marga Yoga C. Jnana Marga Yoga D. Raja Marga Yoga E. Dana Punia Marga 6. Orang dengan kecenderungan intelektual tinggi, pemikir, kritis dan peragu, untuk mencapai pembebasan (Moksa) lebih tepat memilih … Marga A. Raja B. Bhakti C. Jnana D. Karma E. Yoga 7. Astangga yoga adalah delapan tahapan untuk mencapai Moksa, astangga yoga di ajarkan oleh Maha Rsi…. A. Patanjali B. Wiasa C. Agastya D. Atri E. Pulaha 8. Mengontrol dan mengendalikan indriya dari ikatan obyeknya sehingga orang dapat memfokuskan diri dalam astangga yoga disebut…. A. Dharana B. Dhyana C. Pratyahara D. Samadhi E. Pranayama 9. Penyatuan Atman dengan Brahman dalam Astangga yoga disebut…. A. Pratyahara B. Samadhi C. Dhyana D. Dharana E. Pranayama 10. Seseorang yang menjalankan Raja Marga Yoga disebut…. A. Yogin B. Jnanin C. Karmin D. Bhakti E. Ngayah 11. Pelaku jalan karma marga disebut dengan istilah …. A. Yogi B. Jnanin C. Karmin D. Bhakta E. Ngayah 12. Aham Brahman Asmi adalah salah satu maha wakya yang terdapat dalam kitab Upanisad yang berarti …. A. Brahman dan atman tunggal B. Aku adalah Brahman C. Semuanya adalah Brahman D. Aku adalah engkau E. Brahman adalah tunggal 13. Delapan tahap pengendalian diri dalam raja marga yoga disebut dengan istilah…. A. Nawa Wida Bhakti B. Nawa Bhakti C. Asta Dala D. Astangga Yoga E. Astangga Brata 14. Bagi seorang Bisnisman yang sibuk, jalan yang paling tepat untuk menghubungkan diri dengan Tuhan adalah …. A. Karma Marga Yoga B. Bhakti Marga Yoga C. Raja Marga Yoga D. Jnana Marga Yoga E. Catur Marga Yoga 15. Selubung maya yang terbuat dari unsur pikiran disebut …. A. Anna Maya Kosa B. Prana Maya Kosa C. Ananda Maya Kosa D. Citta Maya Kosa E. Mano Maya Kosa 16. Contoh Pengendalian sikap diri atau perbuatan yang riil adalah …. A. Asana B. Pranayama C. Yama D. Niyama E. Dharana 17. Melakukan puja Tri Sandhya dihadapan pelinggih pura merupakan penerapan dari salah satu ajaran nawa wida bhakti, yaitu…. A. Smaranam B. Kirtanam C. Srawanam D. Arcanam E. Sewanam 18. Senantiasa mengingat kisah-kisah yang terkait dengan ajaran dharma, mengingat tentang sifat kemahakuasan Tuhan dalam Bhakti Marga Yoga disebut sebagai …. A. Smaranam B. Kirtanam C. Sakhyam D. Arcanam E. Sewanam 19. Suatu karya seni yang ditampilkan melalui media gerak sehingga menimbulkan daya pesona, merupakan arti dari.... A. Seni Tari B. Seni Gerak C. Seni Rupa D. Seni Suara E. Seni Bangunan 20. Salah satu seni pendukung pelaksanaan upacara agama Hindu adalah seni suara. Bentuk nyanyian keagamaan yang dinyanyikan pada saat pelaksaaan panca yadnya disebut.... A. Gita Santi B. Dharma Tula C. Dharmagita D. Dharma Santi E. Dharma Wacana 21. Suara panjang, berat, keras, lembut, berirama dan bergetar dalam dharmagita disebut.... A. Irama B. Syair C. Lagu D. Guru E. Intonasi 22. Agar Beliau berkenan memberikan perlindungan, keselamatan, kekuatan, kesejahteraan dan kebahagiaan hidup, merupakan tujuan dari dipentaskannya.... A. Tari daerah B. Gending daerah C. Tari konteporer D. Gending melayu E. Tari keagamaan 23. Siwa menggerakkan alam semesta dengan menari. Pada saat itu Siwa diberi gelar.... A. Prajapati B. Parama Siwa C. Siwa Raditya D. Siwa Nata Raja E. Parama Siwa 24. Di kabupaten Banyuwangi tepatnya di desa Cungkling terdapat tari Seblang, yang diyakini untuk pemujaan Dewa.... A. Mahadewa B. Brahma C. Iswara D. Wisnu E. Siwa 25. Di Kalimantan terdapat seni tari yang dipentaskan dalam upacara selamatan untuk memohon berkah kepada Dewi Sri atau Dewi padi. Tari tersebut adalah tari.... A. Tari Tor-tor B. Tari Gantar C. Tari Seblang D. Tari Sanghyang E. Tari Bedaya Semang 26. Bilamana kerajaan diancam bahaya maka Sultan Agung dan keluarganya minta bantuan kekuatan yang bersifat niskala kepada kanjeng Ratu Kidul disertai tarian.... A. Tari Tor-tor B. Tari Gantar C. Tari Seblang D. Tari Sanghyang E. Tari Bedaya Semang 27. Salah satu alasan dalam pelaksanaan upacara Hindu selalu menggunakan kesenian adalah karena Tuhan bersifat sundaram, sundaram berarti.... A. Keindahan B. Kejayaan C. Kesucian D. Kebenaran E. Kebahagiaan 28. Berikut ini yang merupakan tari profan / Balih-Balihan adalah tari.... A. Pendet B. Sanghyang C. Baris D. Legong E. Rejang 29. Seni yang fungsinya dapat digunakan untuk mengiringi atau menyertai upacara keagamaan tetapi tidak wajib ada adalah.... A. Wali B. Bebali C. Bali-Balian D. Rejang E. Profan 30. Seni karawitan (tabuh) yang digunakan untuk menyertai upacara pitra yadnya adalah.... A. Gong B. Gamelan C. Bleganjur D. Angklung E. Kulkul 31. Tujuan dari seni pada kehidupan beragama adalah untuk.... A. Menyucikan diri B. Mensejahterakan C. Memperhalus perasaan D. Menyemarakkan upacara E. Memperkokoh budaya 32. Tari Tor-tor berasal dari suku.... A. Batak B. Jawa C. Sulawesi D. Bali E. Lombok 33. Jenis gamelan yang digunakan untuk mengiringi upacara puJawali kususnya saat murwe daksina atau ngiring Bhatara adalah.... A. Gong B. Kul-kul C. Angklung D. Bleganjur E. Gangse 34. Tari wali yang menggambarkan tentang widyadara dan widyadari yang mengiringi batara adalah tari.... A. Sanghyang B. Baris C. Pendet D. Bedayang Semang E. Rejang 35. Tari yang menggambarkan kepahlawanan adalah.... A. Tari Baris B. Tari Bedayang Semang C. Tari Gantar D. Tari Sanghyang E. Tari Pendet 36. Berikut adalah jenis wayang yang digunakan untuk meruwat seseorang yang lahir pada wuku wayang adalah.... A. Wayang Sapu Leger B. Wayang Lemah C. Wayang Peteng D. Wayang Dapdap E. Wayang Semeng 37. Kori Agung adalah contoh seni bangunan yang tergolong.... A. Bangunan suci B. Seni sakral C. Seni semi sakral D. Seni profan E. Seni wali 38. Empat tahapan hidup yang harus ditempuh oleh manusia secara berturut-turut agar mencapai tujuan hidup dengan maksimal adalah…. A. Catur paramita B. Catur guru C. Catur asrama D. Catur Purusa Artha E. Catur warna 39. Tujuan agama Hindu adalah mewujudkan Moksa yang dijabarkan menjadi 4 bagian yang disebut…. A. Catur Purusa Artha B. Catur asrama C. Catur warna D. Catur paramita E. Catur kotamaning nrpati 40. Masyarakat yang pekerjaannya dominan menggunakan pikiran, kerohanian dan kecendikiawanan adalah kelompok…. A. Sudra B. Waisya C. Ksatriya D. Pendeta E. Brahmana 41. Memerintah, memimpin, melindungi dan mengayomi masyarakat adalah tugas dari…. A. Brahmana B. Sudra C. Waisya D. Ksatriya E. Pendeta 42. Warna waisya adalah kelompok masyarakat yang bekerja dibidang…. A. Perdagangan dan perekonomian B. Pemerintahan dan politik C. Cendikiawan dan kerohanian D. Karyawan E. Petani 43. Bekerjanya dominan menggunakan aktifitas tenaga fisik dalam memberikan pelayanan adalah ciri dari warna…. A. Brahmana B. Sudra C. Waisya D. Ksatriya E. Karyawan 44. Senantiasa mencari, mempelajari, dan mengamalkan ajaran kebenaran adalah salah satu tujuan hidup manusia, yaitu …. A. Moksa B. Dana C. Artha D. Dharma E. Kama 45. Masa dimana seseorang sudah mulai mengurangi kesibukan dan aktifitas duniawinya disebut…. A. Brahmacari B. Bhiksuka C. Grhasta D. Wanaprasta E. Brahmana 46. Seseorang harus sudah menarik diri sepenuhnya dari keinginan-keinginan duniawi ketika masa…. A. Brahmacari B. Wanaprasta C. Bhiksuka D. Grhasta E. Brahmana 47. Barang atau benda penunjang pemenuhan kebutuhan hidup disebut dengan….. A. Kama B. Dharma C. Moksa D. Nirwana E. Artha 48. Harta untuk kebutuhan pangan disebut dengan istilah.... A. Paribhoga B. Bhoga C. Upabhoga D. Maha Don Kama E. Maha Don Artha 49. Fokus dan tujuan utama seorang yang ada dalam tahap brahmacari adalah.... A. Mencari Artha B. Mencari kama C. Mencari Moksa D. Belajar E. Artha dan kama 50. Petani penggarap, buruh pabrik, dan pembantu rumah tangga merupakan profesi yang tergolong warna…. A. Sudra B. Waisya C. Ksatriya D. Brahmana E. Candala Bagian 2 1. Yang dimaksud dengan perkawinan adalah ikatan lahir bhatin antara pria dan wanita dengan tujuan membentuk rumah tangga. Dalam Catur Asrama, perkawinan merupakan tahapan.... A. Brahmacari B. Grhasta C. Wanaprastha D. Bhiksuka E. Samnyasin 2. Tri Upasaksi adalah suatu hal yang harus ada dalam perkawinan Hindu, saksi dari masyarakat yang hadir dalam perkawinan disebut dengan .... A. Saksi Mata B. Saksi Agama C. Manusia Saksi D. Dewata Saksi E. Pamong Adat 3. Tata perundang-undangan yang memuat tentang perkawinan adalah.... A. UU No. 1 Tahun 1972 B. UU No. 4 Tahun 1972 C. UU No. 4 Tahun 1974 D. UU No. 1 Tahun 1974 E. UU No. 7 Tahun 1971 4. Tujuan dari perkawinan adalah untuk melahirkan seorang putra, hal ini tercatum dalam kitab.... A. Bhagavadgita B. Manusmrti C. Sarassamuscaya D. Slokantara E. Wrhaspati Tattva 5. Kitab yang menguraikan mengenai keutamaan memiliki anak yang suputra adalah kitab.... A. Slokantara B. Sarassamuscaya C. Bhagavadgita D. Manusmrti E. Nitisastra 6. Jika anak telah mencapai usia ideal, maka orangtua punya kewajiban untuk melangsungkan Pawiwahan untuk anaknya. Pawiwahan merupakan salah satu contoh pelaksanaan panca yajna, yaitu…. A. Dewa Yajna B. Rsi Yajna C. Pitra Yajna D. Manusia Yajna E. Bhuta Yajna 7. Salah satu syarat perkawinan dalam system Hindu adalah usia mempelai telah cukup, usia minimal yang ideal untuk pria adalah…. A. 16 Tahun B. 18 Tahun C. 19 Tahun D. 20 Tahun E. 21 Tahun 8. System perkawinan yang terdapat perubahan status hukum yaitu pihak perempuan sebagai Purusa dan laki-laki sebagi pihak pradana, dalam adat Bali disebut dengan system…. A. Ngerorod B. Ngerangkat C. Memadik D. Nyentana E. Melegandang 9. Bentuk perkawinan dimana pengantin pria memberikan mas kawin sesuai kemampuan kepada pengantin perempuan disebut dengan …. A. Gandharva Wiwaha B. Asura Wiwaha C. Daiwa Wiwaha D. Brahma Wiwaha E. Prajapati Wiwaha 10. Upacara mepejati di merajan dalam pelaksanaan perkawinan merupakan salah satu aplikasi dari…. A. Dewa Saksi B. Manusia Saksi C. Bhuta Saksi D. Saksi Mata E. Saksi Adat 11. Bentuk perkawinan dimana seorang ayah memberikan putrinya kepada pria yang ahli dalam Weda dan berperilaku baik yang diundang sendiri olehnya adalah bentuk perkawinan…. A. Gandharva Wiwaha B. Asura Wiwaha C. Daiwa Wiwaha D. Brahma Wiwaha E. Prajapati Wiwaha 12. Bentuk perkawinan dengan pemberian anak wanita kepada seorang pendeta yang melaksanakan upacara atau yang telah berjasa disebut dengan…. A. Brahma Wiwaha B. Daiwa Wiwaha C. Arsa Wiwaha D. Prajapati Wiwaha E. Asura Wiwaha 13. Bentuk perkawinan yang dilakukan sesuai peraturan, setelah pihak wanita menerima se-ekor lembu dari calon mempelai laki-laki disebut dengan…. A. Brahma Wiwaha B. Daiwa Wiwaha C. Arsa Wiwaha D. Prajapati Wiwaha E. Asura Wiwaha 14. Ada delapan bentuk perkawinan yang terdapat dalam Hindu, sloka yang menguraikan hal ini terdapat dalam kitab…. A. Manawa Dharmasastra II. 21 B. Manawa Dharmasastra III. 21 C. Manawa Dharmasastra IV. 21 D. Bhagavadgita IX. 26 E. Bhagavadgita XIV. 35 15. Upacara perkawinan Hindu dikatakan sah apabila kedua mempelai telah menganut agama Hindu. Upacara pernyataan bahwa seseorang rela dan sanggup menganut agama Hindu disebut dengan…. A. Mepejati B. Byakala C. Mekala-kalaan D. Sudhiwadani E. Memadik 16. Bentuk perkawinan dengan menculik gadis secara atau dengan kekerasan adalah bentuk perkawinan Raksasa. Hal ini diuraikan dalam sloka…. A. Manawa Dharmasastra III. 30 B. Manawa Dharmasastra III. 31 C. Manawa Dharmasastra III. 32 D. Manawa Dharmasastra III. 33 E. Manawa Dharmasastra III. 34 17. Sistem perkawinan yang berdasarkan perubahan status hukum, dimana calon mempelai wanita secara adat berstatus Purusa dan mempelai laki-laki berstatus sebagai pradana, disebut dengan system…. A. Memadik B. Ngerorod C. Nyentana D. Ngerangkat E. Melegandang 18. Perkawinan dengan sistem pihak calon suami serta keluarga datang ke rumah calon istrinya untuk melamar disebut dengan sistem…. A. Memadik B. Ngerorod C. Nyentana D. Ngerangkat E. Melegandang 19. Sistem perkawinan yang berdasarkan atas cinta sama cinta antara kedua calon mempelai yang sudah dipandang cukup umur dan sistem ini sering juga disebut dengan kawin lari, adalah perkawinan sistem…. A. Memadik B. Ngerorod C. Nyentana D. Ngerangkat E. Melegandang 20. Sistem perkawinan yang berdasarkan paksaan dan tidak atas dasar cinta sama cinta, disebut dengan system…. A. Memadik B. Ngerorod C. Nyentana D. Ngerangkat E. Melegandang 21. Dalam hubunganya dengan Catur Purusa Artha, masa Grhasta Asram dikatakan harus dapat memenuhi beberapa tugas, yaitu…. A. Kama, Artha dan Moksa B. Artha, Moksa dan Dharma C. Dharma, Artha dan Kama D. Dharma, Kama dan Moksa E. Moksa dan Dharma 22. Kitab suci Veda dikelompokan agar mudah dipahami, yang paling berjasa dalam pengelompokan kitab suci Veda adalah…. A. Sapta Rsi B. Rsi Jaimini C. Rsi Byasa D. Rsi Walmiki E. Rsi Agastya 23. Sebagai pencipta hukum dan pengendali atas hukum tersebut, maka Tuhan disebut…. A. Brahma B. Wisnu C. Siva D. Yama E. Rtawan 24. Hukum Tuhan yang murni yang bersifat absolut transcendental dan abadi disebut dengan…. A. Rwa Bhineda B. Rta C. Karmaphala D. Wisesa E. Widhi 25. Dharmasastra adalah kitab undang-undang murni, kitab ini merupakan kelompok…. A. Sruti B. Smrti C. Sila D. Sastra E. Pancamo Veda 26. “Dharma dharyate prajah”, yang artinya dharma menyangga manusia, kalimat ini dapat kita temukan dalam…. A. Kitab Ramayana B. Kitab Mahabharata C. Kitab Nitisastra D. Kitab Brahma Purana E. Kitab Wrhaspati Tattva 27. Dibawah ini adalah sumber-sumber hukum Hindu, kecuali…. A. Sruti B. Smrti C. Sila D. Sastra E. Acara 28. Rasa puas pada diri merupakan salah satu sumber hukum menurut Manawa Dharmasastra, kepuasan diri ini disebut dengan istilah…. A. Sruti B. Smrti C. Sila D. Acara E. Atmanastuti 29. Kitab Smrti dapat dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu Wedangga dan Upaweda. Kata Angga dalam Wedangga mengandung arti…. A. Bagian B. Tambahan C. Tubuh D. Utama E. Ilmu 30. Kitab yang termasuk dalam kelompok Upaveda adalah…. A. Jyotisa B. Chanda C. Nirukta D. Itihasa E. Phonetika 31. Kitab yang memuat mengenai ilmu perbintangan dalam Sad Wedangga adalah…. A. Chanda B. Phonetic C. Jyotisa D. Kalpa E. Nirukta 32. Kitab yang berisikan tentang cara pemujaan, pemeliharaan dan melakukan penghormatan kepada Triagni adalah…. A. Srautrasutra B. Grhyasutra C. Dharmasutra D. Sulwasutra E. Kalpasutra 33. Kitab yang berisikan tetang keterangan dan petunjuk-petunjuk penting tentang berbagai upacara samskara, adat istiadat dan norma adat adalah…. A. Srautrasutra B. Grhyasutra C. Dharmasutra D. Sulwasutra E. Kalpasutra 34. Kitab yang berisikan tentang aturan-aturan dasar yang mencakup bidang hukum, agama, acara dan sitacara adalah…. A. Srautrasutra B. Grhyasutra C. Dharmasutra D. Sulwasutra E. Kalpasutra 35. Sruti merupakan kelompok besar dari Veda, yang berasal dari akar kata “srt” yang artinya…. A. Dengar B. Ingat C. Ulang D. Lihat E. Tulis 36. Smrti merupakan kelompok besar dari Veda, yang berasal dari akar kata “smrt” yang artinya…. A. Dengar B. Ingat C. Ulang D. Lihat E. Tulis 37. Kitab yang memuat tentang peraturan mengenai tata cara membuat tempat suci, bangunan-bangunan lainya yang berhubungan dengan ilmu arsitektur adalah… A. Srautrasutra B. Grhyasutra C. Dharmasutra D. Sulwasutra E. Kalpasutra 38. Bentuk penulisan suatu kitab yang amat singkat, akan tetapi memiliki makna yang luas disebut dengan…. A. Sastra B. Sutra C. Mantra D. Yantra E. Modre 39. Sesungguhnya Sruti dan Smrti memiliki kedudukan yang sama, yang tidak boleh diragukan lagi kebenaranya. Ini diuraikan dalam…. A. Manawa Dharmasastra II. 37 B. Manawa Dharmasastra II. 29 C. Manawa Dharmasastra II. 10 D. Manawa Dharmasastra II. 7 E. Manawa Dharmasastra II. 1 40. “Srutir wedah samakhyato, dharmasastram tu wai smrtih…….” Penggalan sloka tersebut menyatakan bahwa Sruti dan Dharmasastra adalah sumber hukum. Sloka tersebut terdapat dalam…. A. Bhagavadgita B. Sarassamuscaya C. Manawa Dharmasastra D. Wrhaspati Tattva E. Slokantara 41. Kitab Dharmasastra yang berlaku pada jaman Krta Yuga adalah…. A. Parasara B. Samkhalikhita C. Gautama D. Manawa E. Mitaksara 42. Kitab Dharmasastra yang berlaku pada jaman Treta Yuga adalah…. A. Parasara B. Samkhalikhita C. Gautama D. Manawa E. Mitaksara 43. Kitab Dharmasastra yang berlaku pada jaman Dwapara Yuga adalah…. A. Parasara B. Samkhalikhita C. Gautama D. Manawa E. Mitaksara 44. Kitab Dharmasastra yang berlaku pada jaman Kali Yuga adalah…. A. Parasara B. Samkhalikhita C. Gautama D. Manawa E. Mitaksara 45. Sejarah pertumbuhan hukum Hindu ditandai dengan munculnya tiga madzab, aliran Yajnawalkya diciptakan oleh…. A. Samkhalikhita B. Dayabhaga C. Yajnawalkya D. Yajnaneswara E. Jimutawahana 46. Sejarah pertumbuhan hukum Hindu ditandai dengan munculnya tiga madzab, aliran Mitaksara diciptakan oleh…. A. Samkhalikhita B. Dayabhaga C. Yajnawalkya D. Yajnaneswara E. Jimutawahana 47. “Idanim dharma pra mananya ha, vedo ‘khilo dharma mulam smrti sile………….” Penggalan sloka tersebut menguraikan tentang sumber-sumber hukum Hindu. Hal ini terdapat dalam kitab Manawa Dharmasastra sloka…. A. II. 13 B. III. 13 C. II. 6 D. III. 6 E. III. 10 48. Sejarah pertumbuhan hukum Hindu ditandai dengan munculnya tiga madzab, aliran Dayabhaga diciptakan oleh…. A. Samkhalikhita B. Dayabhaga C. Yajnawalkya D. Yajnaneswara E. Jimutawahana 49. “Prihen temen dharma dhumarang sarat, saraga sang sadhu sireka tutana…..” penggalan kakawin tersebut terdapat dalam…. A. Ramayana B. Mahabarata C. Wrhaspati D. Slokantara E. Sarassamuscaya 50. Penerapan Dharma didasarkan pada asas-asas tertentu, salah satu asasnya adalah…. A. Desa B. Warga C. Citra D. Hukum E. Karma ESSAY 1. Salah satu Sraddha dalam agama Hindu adalah Moksa, Moksa disini mempunyai arti… (Bersatunya Atman dengan Brahman) 2. Dengan pedoman pada weda dan mengamalkan cinta kasih serta ketidak terkaitan akan pasang surutnya gelombang kehidupan duniawi seorang akan dapat mencapai Moksa. Sat Cit Ananda dalam tujuan Moksa berarti… (Kebahagiaan yang abadi) 3. Sraddha khususnya Moksa memiliki tingkat-tingkatan. Tingkatan Moksa yang dapat dicapai oleh seseorang semasa hidupknya, dimana atmanya tidak lagi terpengaruhi oleh gejolak indera dan maya. tingkatan ini disebut juga dengan istilah… (Jiwa mukti) 4. Tingkatan kebebasan yang dapat dicapai oleh seseorang semasa hidupnya dimana atmanya telah meninggalkan badan wadagnya, tetapi roh yang bersangkuta masih kena pengaruh maya yang sangat tipis. tingkatan ini disebut… (Wideha mukti) 5. Tingkatan kebebasan yang sempurna pada tingkatan ini posisi atma seseorang barsatu dengan brahma. tingkatan ini disebut dengan… (Purna mukti) 6. Moksa dapat dibedakan menjadi empat jenis. suatu kebebasan yang dapat dicapai oleh seeorang semasa hidupnya didunia ini disebut sebagai… (Samipya) 7. Suatu kebebasan yang didapat oleh seseorang didunia ini karena kelahirannya. Dimana kedudukan atman merupakan pancaran dari kemahakuasaan Tuhan. Jenis Moksa ini disebut dengan istilah… (Sarupya) 8. kebebasan yang dapat dicapai oleh Atman, dimana atman itu sendiri telah berada dalam posisi dan kesadaran yang sama dengan Tuhan disebut dengan… (Salokya) 9. Tingkatan kebebasan yang tertinggi dimana atman telah dapat bersatu dengan Tuhan Yang Maha Esa. tingkatan ini disebut dengan… (Sayujya) 10. Dalam keadaan Atman telah dapat bersatu dengan Brahman, keadaan inilah dapat disebutkan “bahwa Brahman Atman Aikham” artinya adalah… (Atman dan Brahman sesungguhnya tunggal) 11. Ajaran kerohanian Hindu mengajarkan kita untuk mencapai kesempurnaan dengan menghubungkan diri kepada Ida Hyang Widhi Wasa. hal ini sering disebut dengan… (Catur Marga Yoga) 12. Cara mempersatukan Atman dengan Brahman dengan berdasarkan atas dasar cinta kasih yang mendalam kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa disebut dengan… (Bhakti marga) 13. Jalan untuk mencapai kesempurnaan Moksa dengan perbuatan yang baik tanpa pamrih. hal ini disebut dengan istilah… (Karma marga) 14. “Oleh karena itu, laksanakanlah segala kerja sebagai kewajiban tanpa terikat pada hasilnya, sebab dengan melakukan kegiatan kerja yang bebas dari keterikatan orang itu sesungguhnya akan mencapai yang utama”. Kutipan arti sloka ini mempunyai makna… (Melaksanakan kewajiban dengan iklas tidak terikat hasilnya) 15. Mempelajari dan mengamalkan ilmu pengetahuan baik science maupun spiritual, seperti hakekat kebenaran tentang Brahman merupakan cara mencapai Moksa. Hal ini disebut dengan… (Jnana Marga) 16. Mendekatkan diri dengan jalan tapa, brata, yoga, Samadhi merupakan bagian dari jalan mencapai Moksa. ini disebut juga dengan… (Raja Yoga Marga) 17. Mendekatkan diri dengan kekuatan rohani melalui astangga yoga merupakan jalan yang diajarkan oleh Maha Rsi Patanjali. artinya merupakan contoh tahapan di dalam astangga yoga yaitu… (Yama) 18. Pengendalian diri yanmg bersifat rohani yaitu mmpelajari kitab-kitab keagamaan adalah merupakan contoh pengendalian… (Nyama) 19. Pada pelaksanaan Yoga, seseorang harus mengatur sikap duduk yang menyenangkan, teratur dan disiplin, sikap ini disebut dengan sikap… (Asana) 20. Bila seseorang melakukan latihan yoga dengan teratur dan sungguh-sungguh ia akana dapat menerima getaran sucu dari Tuhan. mengatur nafas pada pelaksanaan yoga dan mengendalikan indriya disebut dengan…(Pranayama) 21. Mengontrol dan mengendalikan indriya dari ikatan objeknya, sehingga orang dapat melihat hal-hal suci disebut juga dengan… (Pratyahara) 22. Usaha-usaha untuk menyatukan pikiran dengan sasaran yang diinginkan pada pelaksanaan yoga dari ajaran Asrangga Yoga disebut juga dengan istilah… (Dharana) 23. “Seorang yogi harus tetap memusatkan pikirannya (kepada atman yang maha besar) tinggal dalam kesunyian dan tersendiri, menguasai dirinya sendiri. bebas dari angan-angan dan keinginan untuk memiliki” arti sloka tersebut merupakan kutipan dari kitab bhagavadgita sloka… (Bg. VI.10) 24. Pemusatan pikiran yang tenang, tidak tergoyahkan kepada suatu objek, yaitu pemusatan pikiran terhadap Ista Dewata. hal ini juga sering disebutkan dengan sikap… (Dhyana) 25. Moksa merupakan tujuan tertinggi di dalam Hindu, dan patut diusahakan pencapaiannya dalam khidupan manusia. apa yang menyebabkannya… (Karena Moksa merupakan suatu ketenangan spiritual yang kekal abadi) 26. Terdapat suatu hambatan/rintanganuntuk dapat tercapainya Moksa. hal tersebut adalah… (unsur kegelapan jiwa) 27. “ia yang melakukan pekerjaan-pekerjaan-Ku, ia yang memutuskan Aku sebagai tujuannya, ia yang menyembah Aku bebas dari ikatan, ia yang bebas dari permusuhan pada semua makhluk, ia datang padaku O, Arjuna” ini merup[akan arti kutipan sloka dari… (Bhagavadgita XI. 55) 28. Ajaran Astangga yang ditulis oleh seorang maharsi-maharsi tersebut adalah… (Maharsi Patanjali) 29. Dibawah ini merupakan contoh wujud pelaksanaan Moksa dalam kehidupan ini yaitu… (Tidak terlalu bersedih disaat berduka dan tidak terlalu bergirang ketika bahagia) 30. Karena kebahagiaan tertinggi datang pada yogi yang pikirannya tenang, yang nafsunya tidak bergejolak yang keadaanya bersih bersatu dengan Tuhan” ini merupakan arti dari kutipan sloka… (Bhagavadgita VI.27) 31. Dibawah ini adalah contoh seni tari yang dikategorikan sebagai seni profen yaitu… (Tari Cak) 32. Tari yang disimbolkan sebagai widyadara dan widyadari yang menuntun bhatara turun kedunia, yang dilakukan pada waktu upacara Dewa Yadyna adalah… (Tari Rejang) 33. Segala hasil cipta, rasa, karsa manusia untuk membantu kehidupannya, adalah merupakan definisi dari… (Budaya) 34. Ungkapan jiwa manusia melalui suatu gerak ritmis sehingga dapat menimbulkan daya pesona ini merupakan penjabaran dari arti… (Tari) 35. Agama Hindu memiliki kerangka dasar yang dapat dipergunakan oleh umatnya sebagai landasan untuk memahami dan mengamalkan ajaran agamanya. Unsur ini di disebut juga dengan… (Tattwa, Susila, Upacara) 36. “Dari demikian banyaknya semua makhluk yang hidup, yang dilahirkan sebagai manusia itu saja yang dapat berbuat perbuatan baik-baik itu, leburlah perbuatan buruk kedalam perbuatan baik, itulah manfaatnya menjadi manusia” sloka ini merupakan kutipan dari… (Sarasamuscaya 2) 37. Empat pilihan profesi bagi setiap orang terhadap profesi yang cocok untuk pribadinya masing-masing disebut dengan… (Catur Warna) 38. Individu/golongan masyarakat yang berkecimpung dalam bidang kerohanian disebut dengan... (Brahmana) 39. Suatu Individu atau Golongan masyarakat yang memiliki keahlian dibidang memimpin bangsa dan Negara adalah merupakan golongan… (Ksatria) 40. Seseorang atau sekelompok individu yang memiliki keahlian dalam bidang pertanian dan perdagangan disebut dengan… (Weysya) 41. Individu atau golongan masyarakat yang memiliki keahlian di bidang pelayanan/mengabdi merupakan golongan… (Sudra) 42. Pembedaan profesi / pekerjaan yang terdapat dalam agama Hindu adalah berdasarkan …. (Guna dan Karma) 43. Jenjang kehidupan berdasarkan tatanan rohani, umur, dan sifat perilaku manusia menurut masyarakat Hindu disebut juga dengan …. (Catur Asrama) 44. Jenjang Rohani seseorang yang sedang dalam masa menuntut ilmu disebut dengan …. (Brahmacari) 45. Seseorang yang memilih untuk dtidak menikah seumur hidupnya disebut juga dengan …. (Sukla Brahmacari) 46. Seseorang yang melakukan perkawinan hanya satu kali di dalam hidupnya disebut dengan …. (Sewala Brahmacari) 47. Jenjang kehidupan rohani dalam masa berumah tangga disebut dengan… (Grhasta) 48. Wanaprasta Asrama didalam Catur Asrama mempunyai arti …. (Masa mulai mengasingkan diri dari kesibukan duniawi) 49. “Moksartham Jagadhita ya ca iti dharma” didalam ajaran Hindu mempunyai arti… (Terwujudnya kesejahteraan, kebahagiaan, ketentraman, batin bersatunya Atman dengan Brahman) 50. Kata Catur Purusa Artha berasal dari Bahasa Sansekerta, yang memiliki arti… (Empat tujuan hidup) 51. Sesuatu yang mengatur atau memelihara dunia beserta semua makhluk adalah… (Dharma) 52. Perbuatan yang senantiasa berbuat baik, sopan terhadap semua makhluk hidup disebut dengan … (Sila) 53. Rajin melakukan dhana untuk pembangunan tempat suci dan juga memberikan kepada mereka yang memerlukan disebut juga …. (Dhana) 54. Senantiasa mempelajari, menghayati dan mengenalkan ajaran wda merupakan bagian dari dharma yang disebut dengan… (Prawija) 55. Didalam ajaran dharma terdapat istilah yoga, yang berati…. (Senantiasa menghubungkan diri dengan sang pencipta) 56. Mengamalkan segala ilmu pengetahuan yaitu khususnya kerohanian untuk kesejahteraan dan kebahagiaan umat manusia adalah disebut dengan… (Bhiksu) 57. Dalam Catur PurusArtha terdapat empat tujuan hidup manusia, salah satunya adalah Artha, Artha mempunyai makna… (Kekayaan sebagai sumber kbutuhan duniawi) 58. Fungsi Artha di dalam kehidupan beragama adalah untuk beryadnya, dewa yadnya yaitu… (Korban suci untuk pemujaan kepada Sang Hyang Widhi Wasa beserta manifestasinya) 59. korban suci yang ditunjukan untuk kesejahteraan umat manusia disebut… (Manusa Yadnya) 60. korban suci yang dilakukan dengan tulus ikhlas/penghormatan ditunjukkan kepada para guru dengan ilmu-ilmunya disebut dengan …. (Rsi Yadnya) 61. Butha Yadnya didalam Panca Yadnya mempunyai arti… (Korban suci yang ditunjukkan kepada makhluk bawah, dan unsur-unsur panca maha butha) 62. Korban suci pada pelaksanaan yadnya yang ditunjukkan kepada para leluhur disebut…. (Pitra Yadnya) 63. Fungsi Artha dalam mewujjudkan jagadhita. contoh mewujudkan jagadhita atau kebahagiaan di dunia meliputi …. (kebutuhan Primer bagi perkembangan jasmani dari segala makhluk) 64. Artha terutama sekali disalurkan untuk ketiga jurusan, meliputi... (Kemakmuran, kesejahteraan) 65. “Dharmo Dharma nuban dharto dharma natmanta pidahali” kutipan kitab brahmana purana ini mempunyai arti …. (Dharma bertalian erat dengan Artha dan dharma tidak menentang Artha itu sendiri) 66. “Sebab Artha itu, jika dharma landasannya memperolehnya laba atau untung namanya, sungguh-sungguh mengalami kesenangan orang yang memeperoleh Artha tersebut, namun jika Artha itu diperoleh dengan jalan dharma, maka Artha itu adalah merupakan noda, hal ini dihindari oleh orang yang berbudi utama, oleh karenanya janganlah bertindak menyalahi dharma, jika hendak berusaha menuntun sesuatu”. Dari kutipan sloka diatas yang menjadi landasan untuk bertindak adalah… (Dharma) 67. Salah satu bagian dari Catur punsArtha adalah kama yang meprupakan nafsu/keinginan, cinta kasih, sehubungan dengan itu kama dibagi atas tiga bagian, meliputi …. (Asih) 68. Seni yang berfungsi sebagai pelaksana atau pemuput/bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah upacara keagamaan disebut dengan.. (Seni sacral) 69. Seni yang sering dipakai dalam acara pertunjukkan dan hiburan disebut juga dengan seni …. (Seni profan) 70. Contoh seni tari yang sering dipakai dalam pelaksanaan Panca Yajna adalah…. (Tari Rejang) 71. Didalam pelaksanaan yodnya juga sering menggunakan seni suara di dalam mengiringi pemujaan. yang termasuk seni suara didalam Panca Yadnya adalah….(Sekar Agung) 72. Tiga bagian kama dengan cinta kasih disebut dengan ….(Tri ParArtha) 73. Cinta kasih kepada Hyang Widhi dengan senantiasa sujud kepadanya dalam bentuk pelaksanaan agama. Hal ini merupakan definisi dari salah satu bagian kama yaitu ….(Bhakti) 74. Punya cinta kasih kepada orang lain diwujudkan dengan selalu menolong dengan memberikan sesuatu yang kita miliki merupakan bentuk ….(Punia) 75. Mengasihi dan menyayangi sesama makhluk hidup seperti mengasihi diri sendiri merupakan salah satu sikap untuk mewujudkan ajaran… (Tat Twamasi) 76. Perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dengan wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga yang bahagia merupakan bunyi UU No… (UU NO 1 TH 1974) 77. Dalam agama Hindu sebuah perkawinan mempunyai tujuan yaitu mendapatkan keturunan yang suputra. Suputra memiliki arti… (Anak yang baik dan mulia) 78. Upacara manusia yadnya yaitu dari khusus wiwaha semskara adlaah merupakan puncak dari upacara manusia yadnya wiwaha bertujuan untuk… (Membayar hutang kepada orang tua dan leluhur) 79. Sruti adalah Weda (Catur Weda) Dharmasastra adalah sruti keduanya jangan disangsikan untuk semua tujuan, keduanya merupakan sumber Dharma” ketegasan akan sumber ajaran yang tidak dapat diragukan kebenarannya ini merupakan kutipan… (Sarasamuscaya II.37) 80. Filsafat Hindu mengajarkan bahwa untuk mencapai tingkat kebahagiaan terdapat metode pelaksanaanya, meliputi… (Harus didasarkan pada suatu kepercayaan)
No comments:
Post a Comment
Berikan Komentar Anda untuk membangun Blog ini ke arah lebih baik.